Kamis, 09 Maret 2017

Catur Simultan







Pernah nonton pertandingan Catur secara simultan...?Apa itu artinya.....Penulis sendiri hanya pernah sekali nonton secara langsung itupun hanya kelas 17 Agustusan.Seorang Master Wanita melawan pecatur pria sekitar 15 papan.Hasilnya bisa di duga lebih banyak menangnya dari pada kalah/remisnya.

Catur Simultan di mana satu orang pecatur bertanding melawan banyak lawan.Untuk memudahkan pergerakan pecatur yang bertanding biasanya meja  di atur sedemikian rupa.Misalnya bentuk huruh U atau setengah melingkar sehingga pemain Simultan tidak perlu bolak balik tapi bisa berjalan langsung ketemu lawannya.

Dalam pertandingan Simultan ada aturannya sendiri. Pemain lawan harus menunggu melangkah di hadapannya pecatur (Simultan).Sehingga dia bisa memberi jawaban dengan cepat langkah selanjutnya.Permainan begitu berulang kali sampai pertandingan ada yang kalah /remis.

Pecatur yang bermain Simultan  jelas membutuhkan Stamina,berpikir cepat,langsung menyerang sehingga  bisa mengalahkan lawannya  sesuai waktu yang direncanakan.Makanya tidak semua pemain Catur mau dan berani bermain secara Simultan.

Pecatur Wanita bermain lawan pecatur Pria.

 

Yudit polgar Remaja bermain simultan.

Pertandingan catur Simultan biasanya bersifat hiburan dalam.suatu acara.Karena memang tidak di atur sebagai pertandingan resmi FIDE.Bagi pecatur yang bisa mengalahkan atau menahan remis biasanya mendapat hadiah hiburan dari panitia.Sementara Pecatur Simultan yang di undang mendapat bayaran khusus tanpa melihat menang kalahnya.Tapi biasanya banyak menangnya karena lawannnya umumnya pemain amatir karena memang hiburan semata.


Gens Una Sumus