Kamis, 02 Mei 2019

Hobi Catur Di DEPOK Kemana Tempat Untuk Bermain



Home turnamen Pion Baja



(Pionbaja,catur).

Bagi yang hobi catur di Kota Depok mungkin sudah punya kumunitas atau klub untuk tempat bermain.Seingat penulis setiap ada pertandingan di gelar di Depok beberapa pemain sering mencantum asal klubnya.
Kalau di catat ada beberapa nama yang sering muncul seperti :

1.Benteng Pesona Tapos
2.Pion Baja
3.Pion 8
4.BRM
5.Blunder
6.Nusantara

Sepengetahuan saya hanya itu klub yang sering mengikuti pertandingan mungkin masih ada lagi belum tercatat,ada klub baru atau bahkan kurang aktif lagi.

Sebagian anggota klub selain sering ketemu dalam pertandingan,sekarang membentuk paguyuban dengan nama DCC ( Depok Chess Cumunity),bertujuan memajukan pecatur di kota Depok dengan menggelar turnamen rutin secara bergantian.

Nah bagi pecatur yang masih belum bergabung atau punya tempat bisa ikut salah satunya.Untuk pertama mungkin ikut main saja,kalau tertarik dan cocok bisa ikut anggota.Soal persaratan masing-masing punya aturan sendiri.

Saya sendiri biarpun hanya anggota pasif ikut bergabung dengan klub Pion Baja Chess Club( PBCC).Saat ini jumlah anggotanya sekitar 60 orang dan separonya adalah pemain aktif.Dalam artian sering bermain,berlatih,ikut Home Turnanen dan turnamen di sekitar Jabodetabek.

Klub catur Pion Baja sendiri boleh di bilang salah satu pelopor  di kota Depok.Menurut teman-teman lama sebelum semarak main catur pakai jam mereka sering berkumpul untuk bermain.Markasnya juga beberapa kali pindah dan pernah mengalami vakum selain kesibukan anggota juga dana.

Untuk ketuanya saat ini di pegang Mathes ( Hendrik ),di bantu pengurus yang punya pengalaman baik organisasi maupun soal percaturan.Di bawah kepemimpinya lumayan banyak kemajuan yang telah di capai.Selain prestasi (walaupun masif level Depok),juga perlengkapan catur,kaos seragam dan agenda rutin Home Turnamen.

Untuk bisa bergabung tentunya harus hobi main catur ( tidak perlu jago),karena banyak juga main catur sekedar rekreasi bukan mencari prestasi.Bayar uang anggota sekitar 25.000 dan iuran bulanan 10.000;.Nantinya akan mendapat kartu anggota dan berhak mengikuti semua kegiatan Klub Pion Baja ( Home Turnamen).Sementara seragam klub kalau stok masih ada bisa didapat dengan mengganti harga produksinya.

Anggota Pion Baja sendiri punya latar belakang berbeda.Mulai dari pegawai negri,swasta,wiraswasta,supir angkot,online sampai pensiunan.Makanya mulai pagi ( jam 10),sudah ada yang main catur.Biasanya supir atau online sedang istirahat ngopi sambil iseng main.Tapi jam ramainya  jelang sore sampai 11 malam.

Nah bagi warga Depok khususnya hobi catur ingin bergabung dengan komunitas/klub silahkan pilih mana yang cocok.Pertimbangannya boleh saja alasan dekat rumah,klubnya banyak prestasi,sarananya lengkap,banyak kegiatannya,punya teman di klub bersangkutan.

Dari pada kita main catur lawan terbatas,bergabung ke klub adalah pilihan paling tepat.Nantinya akan tambah teman,kemampuan meningkat,bisa menyalurkan hobi sambil rekreasi.



GENS UNA SUMUS.