Selasa, 15 Oktober 2019

20 Tahun Pak Pariman Dan Istri Masih Eksis Jualan Enggeng.


Enggeng /Gembus Jajanan Khas Karanganyar.

Bagi generasi tua Enggeng atau gembus merupakan salah jajanan favorit masyarakat karanganyar-Kebumen.Biasanya makanan ini identik dengan hiburan malam seperti Wayang Kulit,Layar tancap,Ketoprak,pasar malam atau pentas ebleg.Waktu itu belum banyak jajanan modern seperti sekarang ini jadi memang tidak banyak pilihan.

Seperti penuturan pak Pariman yang membagi pengalaman pada admin saat duduk sore di bangku taman pojok alun alun karanganyar sisi selatan.Biarpun sekarang tidak banyak pedagang enggeng masih setia jualan di tempat ini.Menurut hitungannya mungkin udah ada 15-20 tahunan dimana alun alun  belum secantik sekarang setelah di renovasi menjadi taman.

Makanan sederhana terbuat dari budin (singkong ),ini tidak mengalami perubahan sama sekali.Mulai dari bentuknya ada yang berbentuk bulat ( 0), dan angka delapan (8).Rasanya gurih asin untuk menggorengnya umumnya sudah  menggunakan kompor gas karena lebih praktis dan tidak menimbulkan asap kalau pakai tungku kayu.

Ciri khas penjual enggeng lainnya adanya kranjang bambu buat menaruh enggeng  masih mentah.Sementara yang sudah mateng di goreng di letakan dalam tampah.Tali dari bambu masih di gunakan untuk memasukan enggeng mateng cara jualan ramah lingkungan.

Tiap hari sekitar jam 4 sore pak Pariman yang berasal dari Pandan Sari( Sruweng) arah  ketimur dari kota Karanganyar sudah siap berjualan.Lokasinya tetap di pojok timur Alun Alun karanganyar sisi selatan atau depan Bakso Cipto.Pembelinya sebagian orang dewasa atau generasi tua yang kangen jajanan jadul.

Untuk tiap harinya setidaknya 1/2 kwintal budin (singkong),di buat menjadi enggeng.Sedikit bocoran cara bikinya sebenarnya cukup sederhana.Pilih singkong yang mempur kupas cuci bersih.Kemudian parut jangan lupa buang seratnya,peras airnya terus di kukus sampai mateng.Setelah mateng seperti bikin gethuk tumbuk sampai halus.Jangan lupa kasih bumbu cukup garam,bawang putih dan bawang merah.

Ratakan dalam cetakan kotak ketebalan sekitar 1 cm potong sesui ukuran untuk bentuk bulat  sekitar 4 cm sedangkan bentuk angka delapan sekitar 8 cm atau sesuai selera besar kecilnya enggeng yang mau di buat.Supaya tidak lengket taburi tepung tapioka waktu membentuknya.


Pak Pariman penjual Enggeng



Enggeng alun alun Pojok Karanganyar.

Ternyata penggemar makanan jadul ini masih cukup banyak.Malahan banyak yang beli mentahnya buat di bawa oleh-oleh.Asalkan di simpan  dalam kulkas setidaknya bisa bertahan sekitar 3 hari.Seperti saya lalukan sore itu selain beli mateng buat di makan juga mentahnya untuk di bawa ke Jogja.Tapi kalau pas malam minggu/ada hiburan di alun alun kadang tidak sampai malam enggeng pak Parmin udah ludes.Saya saja datang lebih awal sekitar jam 5 sore,takut seperti semalam jam 8 malam ingin beli ternyata sudah habis.Katanya ada yang beli banyak mentahnya buat dibawa ke Jakarta.

Dan salah satu anaknya  mewarisi jualan Enggeng.Ya kalau anak mudanya semua kerja kekota besar suatu saat Enggeng bisa saja tinggal cerita lama.Biasa jualan juga di alun alun Karanganyar tak jauh dari tempatnya.Tapi hari itu kebetulan ada hiburan malam jadi jualan di sana.Pak Pariman mengingat umurnya sudah tidak muda lagi lebih memilih jualan tetap di pojok alun alun Karanganyar.

Karena penasan berapa untungnya jualan Enggeng....?Saya coba bertanya penghasilan tiap sore.Dengan lugas Pak Pariman menjawab "kaya orang ngode ",maksudnya bayaran nukang sehari.Kalau ongkos tukang di sekitar 100 rb...ya cukup lumayan untuk ukuran kota kecil karanganyar.Tapi saya yakin kalau habis semua dagangannya pasti lebih dari itu....

Dan saat pamit mau pulang ke rumah saudara,saya di bawain enggeng mateng katanya buat teman ngobrol di rumah.Wah belinya cuma 10 rb bonusnnya lebih dari separo...Matur Nuwun Pak Pariman,laris Enggengnya dan sehat selalu.



Karanganyar,oktober 2019.