Senin, 20 Mei 2019

BUKA PUASA GRATIS NOL KM JOGJA



Artis muda jogja lagi tampil





Buka Puasa Gratis NOL KM JOGJA.





Mumpung lagi mudik ke kampung halaman,kepingin jalan-jalan sore di kawasan Malioboro.Katanya sekarang makin asri karena jalur pedestrian,bangku taman,sudah selesai siap untuk menyambut wisatawan saat Lebaran nanti.Menurut kabar adik yang tinggal di daerah Bantul paling utara( Jalur pedestrian sudah rampung menyeluruh baik sisi barat maupun timur).


Akhirnya sekitar jam 15.30 sore jalan juga menggunakan transpotasi umum tranjogja.Titik awal halte dekat rumah bawah flyover Janti.Dengan bus nomer 1 A yang routenya melewati jalan Solo,Mangkubumi,Malioboro,Senopati,terus ke Timur balik lagi ke Prambanan.Dengan bayar tiket 3500 kita bisa keliling Jogja.


Biarpun hari libur suasana jalanan tidak sepadat  biasanya.Mungkin bulan Ramadhan banyak yang Puasa.Rombongan bus pelajar yang biasanya membuat jalanan  ramai membuat kemacetan.
tak terlihat.Hanya waktu masuk Malioboro jalan agak tersendat,banyak orang menyebrang jalan.Kalau diperhatikan sebagian yang  datang  kelihatannya  warga lokal saja.


Karena niatnya mau jalan dari selatan ke arah utara,saya turunnya di halte Transjogja 3 di depan pasar sore( dekat pasar Beringharjo).Begitu keluar halte di Totik Nol depan Bank BNI   sepertinya ada hiburan  panggung musik.Karena penasaran jalan kesana ingin melihat ada apa ?


Ternyata  ada acara"Mojok Ramadhan 2019"yang di prakarsai komunitas Jogja Berbakti.Tujuannya  menyambut Ramdhan dengan menggelar acara hiburan musik ,ceramah agama dan tentunya buka bersama gratis.Terlihat ada 2 tenda besar menyediakan box makanan dan minuman.Akhirnya saya nonton bersama ratusan orang sambil lesehan.


Jam 5 sore MC mengumumkan sudah boleh mengambil makanan plus minuman.Kalau terlalu mepet nantinya takut berebutan.Sudah jadi kebiasaan masyarakat  tidak mau antri saling duluan,padahal persedian cukup banyak.Konyolnya banyak juga ambil  lebih dari 1 alasan buat anak di rumah.





Berebut mengambil tajil





Menunggu buka puasa




.makan dan minuman gratis



Menu untuk buka puasa sore itu banyak pilihannya.Mulai nasi ayam geprek,Ayam frend chiken,nasi jinggo khas bali,tak ketinggalan nasi kucing.Ada juga buah kurma dan aqua gelas.Ternyata banyak juga wisatawan yang lagi datang Jogja ikut buka gratis rame-rame.


Setelah siraman rohani jelang buka Puasa dari Ustaz,begitu bunyi sirine ciri khas  di kota Jogja maka pengunjung langsung buka bersama dengan menu pilihannya masing-masing.Admin sendiri penasaran nasi khas Bali"JINGGO",ternyata isinya ada gorengan bakwan,oseng tempe kering,abon.Dan yang suka rasa pedas tentu cocok,lumayan bikin mulut panas.

Titik nol jogja,jam 9 malam.