Rabu, 04 April 2018

Dari Iseng Iseng Jadilah Wadah Jimpitan Yang Menarik




Bagi masyarakat pinggiran Kegiatan Ronda masih efektif dijalankan.Warga tiap malam secara bergiliran bertugas sesuai jadwad.Selain  patroli keliling menjaga lingkungannya ada kegiatan tak kalah penting mengambil Uang JIMPITAN.Jaman dulu umumnya berupa beras biasa di tempatkan wadah plastik.

Tapi  sekarang jimpitan berupa beras sudah jarang lagi di ganti  uang recehan  lebih praktis.Biasanya wadah  jimpitan  kalau tidak memakai  kaleng bekas, gelas plastik kemasan.Tapi ada teman  iseng-iseng bikin sesuatu yang lain.Wadah jimpitan  uang dan Kartu Ronda dibuat sangat menarik.Jadi selain berfungsi semestinya juga bentuknya seragam dan memerindah tampilan rumah.

Sebut saja Mas Agus yang sehari-harinya tak bisa diam.Saat libur bekerja (di sebuah bengkel ),ada saja yang dikerjakan.Pada mulanya membuat kotak tempat penyimpanan keperluan Ronda seperti Bolpoin,kertas,Buku ronda dan juga senter.Setelah jadi di tempelkan dinding Gardu.Jadi sekarang bagi yang lagi mendapat giliran tak perlu repot lagi jika memerlukannya.

Dari situlah ada yang usul bagaiman sekalian membuat kotak Jimpitan.Apalagi saat musim hujan sering kali kartu ronda basah jadi cepat rusak.Dengan adanya kotak jimpitan tidak kuatir lagi dan paling penting tampilannya lebih menarik dari sekedar kaleng atau gelas plastik.

Ternyata setelah ada contoh dan ditawarkan warga sebagian tertarik.Karena bahan yang di buat pada awalnya berupa bahan-bahan bekas Mas Agus belum menghitung ongkos beli bahannya.Karena memang pada dasarnya suka iseng otak-atik dan mencoba sesuau yang bisa bermanfaat buat lingkungan kampungnya.

Bagaimana ?Mungkin di tempat lain yang masih ada kegiatan Ronda dan jimpitan tertarik idenya.Selain berfungsi sebagai tenpat meletakan uang recehan juga kartu ronda tampilannya juga menambah indah beranda rumah.Setidaknya seperti hiasan kalau di bandingkan hanya sekedar kaleng atau bekas gelas minuman.

wadah jimpitan dan kartu ronda


           kotak perlengkapan ronda.


mas Agus sibuk buat wadah jimpitan


         wadah jimpitan pesanan warga