Rabu, 04 April 2018

Jipang Jajanan Tradisional Daerah Kebumen






Kalau mendengar sepintas sepertinya jajanan dengan rasa manis ini seperti nama Negara maju di Kawasan Asia JEPANG.Bedanya hanya pada huruf i dan e saja.Jipang merupakan jajanan tradisional  yang sudah lama dikenal masyarakat Kabupaten Kebumen.

Ada 2 macam  Jipang yang beredar di pasaran.Pembedanya hanya bahan dasar pembuatannya   yang digunakannya.

1.Jipang Kacang

- Jipang kacang terbuat dari bahan kacang tanah  gula merah dan minyak sayur.Cara pembuatannya dengan menggunakan kacang tanah yang di sangan (sangrai ) menggunakan pasir yang sudah di ayak bersih.Kemudian ditumbuk kasar di campur gula merah sudah di masak ditambah minyak sayur.Kemudian di cetak dalam  wadah kotak  setelah dingin di potong berbentuk segi panjang.Kemudian di bungkus plastik tipis.

Pada jaman dulu cara membungkus  Jipang menggunakan klaras(daun pisang kering),tapi sesui kemajuan jaman di ganti plastik karena lebih praktis dan menambah cantik penampilan.Daerah pembuatan Jipang ada di desa Panjer dekat kota Kebumen, juga daerah lainnya seperti Adimulyo di Kebumen bagian barat.

2.Jipang Beras.

Sesuai namanya   bahan dasarnya  beras ketan dan gula merah.Cara pembuatannya dipilih beras kwalitas bagus.Setelah di cuci bersih di kukus sampai matang,kemudian di campur  gula merah yang sudah dimasak.Caranya  beras ketan di masak dulu sampai matang kemudian dimasukan adonan gula merah.Dicetak dalam wadah berbentuk wadah kotak.Setelah dingin di potong  persegi panjang lebih tebal dari ukuran Jipang kacang.Kemudian dibungkus menggunakan plastik.


Jipang Beras Ketan

         jipang kacang


Biasanya jipang baik kacang maupun beras ketan si jual per pak.Isinya ada yang 10 maupun 20 biji.Di pasar Tradisional Kebumen,toko jajajanan  mudah sekali mendapatkan kue khas daerah bersimbol burung Walet.

Jipang sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh karena bisa bertahan cukup lama antara 1-2 bulan asal disimpan dengan baik.Tapi bagi yang kurang suka manis mungkin bisa cari alternatif jajanan lain seperti :LANTING,KRIPIK PISANG KEPOK,Kacang Sangan,Emping.

Dan menjelang bulan puasa sampai Lebaran biasanya masyarakat pengrajin Jipang akan menambah stoknya,begitu juga dengan jajanan khas kebumen lainnya.Memang Jipang bukan produk unggulan Daerah Kebumen di bawah Lanting dan Satu tapi cukup banyak penggemarnya.Masyarakat Kebumen perantau saat pulang lebaran banyak mencari jajaban tradisiobal buat oleh-oleh di tempat barunya.

Bagi wisatawan yang  datang ke Kebumen atau pulang mudik lewat  jalur selatan tidak salahnya membeli oleh-oleh Jipang dan lainnya.Tinggal pilih mau di toko jajanan atau pasar tradisional.Kebetulan hampir semua pasar di Kebumen letaknya di jalan raya utama seperti : Pasar Gombong,Karanganyar,Sruweng,Kota Kebumen dan juga Kuthowinangun.

Selain Jipang Kacang/Beras ketan jajanan khas populer Kebumen :


  1.Lanting (berbagai macam rasa)

  2.Satu

  3.Sagon

  4.Gula kacang

  5.Kue Semprong

  6.Kacang Sangan

  7.Kripik Pisang Kepok/Uter

  8.Sale Pisang

  9.Emping

 10.Bengkoang ( di daerah prembun ).