Sabtu, 09 Maret 2019

TAMAN HERBAL INSANI DEPOK Rekreasi Sambil Mengenal Tanaman Obat


Prosotan di taman herbal insani


Depok ternyata mempunyai taman yang memadukan antara edukasi dan wisata.Salah satunya lagi populer "Taman Herbal Insani".Di mana kita  mengenal secara langsung berbagai tanaman yang bermanfaat  sebagai obat.Selain melihat cara budidaya  juga membeli bibit dalam polybag untuk di tanam di rumah.


Kebetulan sekali liburan hari nyepi tanggal 7 Maret 2019 ponakan mengajak main ke "Taman Herbal Insani". Terletak di ujung barat kota depok berbatasan Bogor, lokasinya agak terpencil di perkampungan penduduk yang cukup padat.Disarankan jangan menggunakan kendaraan ukuran besar akan kerepotan sendiri menjelang sampai ke lokasi tujuan jalannya cukup sempit.


Karena ini pertama kali,supaya mudah kami mengandalkan goole map untuk kesana.Ternyata hari libur jalan Depok kearah Parung lumayan padat merayap.Dengan berpatokan navigasi map, juga bertanya penduduk sampai juga ke"Taman Herbal Insani".Padahal jaraknya sesui petunjuk sekitar 16 km dari rumah di DEPOK UTARA  hampir 2 jam  perjalanan.


Rupanya hari libur dimanfaatkan warga masyarakat  untuk rekreasi .Berhubung sudah siang sampai Taman Herbal Insani  parkiran sudah penuh,  terpaksa markirnya  di halaman rumah penduduk.Lumayan ramai pengunjung  selain keluarga datang secara rombongan.Sebagian datang keluarga dengan membawa anak-anak.



Spot  favorit untuk berfoto 



Bebek air 

Naik getek ramai ramai


Untuk masuk ke Taman Herbal insani pengunjung di tarik tiket masuk sebesar 20.000/ orang.Biarpun namanya Taman Herbal ternyata  bukan hanya bisa melihat  tanaman obat saja.Disini banyak wahana hiburan yang menarik seperti :

 1. Wahana air.

Di Taman Herbal ada wahana air yang bisa di nikmati.Mandi di kolam renang anak( gratis),main getek( gratis),kasih makan ikan di kolam bayar untuk beli pakan,naik bebek,kano( bayar 15.000 untuk 15 menit.Atau sekedar duduk di tepi kolam sambil mengawasi anak'anak bermain.

 2. Spot Selfie

Banyak spot foto selfie yang menarik di di Taman Herbal.Kita bisa mengambil spot di taman,gazebo,kolam ikan,jembatan bambu.Pengunjung bisa pakai caping warna -warni seperti petani jaman dulu.Di sekelilingnya juga di hiasi pernik-pernik yang digantung jadi tambah ramai.

 3. Bibit tanaman/Tanaman hias

Di semua sudut banyak tanaman obat yang ditanamam.Selain sebagai tanaman hias juga sarana pembelajaran karena tiap pohon ada depkripsi seperti nama,manfaatnya.Di tempat pembibitan kita bisa belajar cara memanam maupun memupuknya.Kalau ingin mencoba tanam dirumah bisa  membeli dalam polybag harganya mulai dari 10.000;Ada ratusan tanaman  ternyata sebagian besar orang tahunya sebagai tanaman hias

 4. Permainan Anak

Di taman Herbal memang sangat cocok buat wisata keluarga,terutama buat anak-anak.Banyak permainan  bisa dinikmati mulai gratis maupun berbayar.Seperti ayunan,prosotan kalau yang bayar ada becak mini bayar 5000 untuk 15 menit.Untuk melatih kesabaran boleh  belajar memanah  bayar 5000 kita dapat 5 anak panah plus busurnya.

 5. Dunia hewan.

Selain ikan koi di kolam yang jernih banyak binatang lain di Taman Herbal.Ada kandang kura-kura,burung love bird,Iquana dan paling menarik tentunya kandang kelinci.Selain bisa kasih makan juga memegang kelinci  lucu-lucu dan imut.Banyak anak'anak bermain di sini.Untuk masuk kandang kelinci harus bayar 5000 bonus wortel buat kasih makan.

 6. Sewa Gazebo/Aula/sawung

Buat yang datang berombongan  bisa sewa tempat buat sekedar istirahat.Tapi kalau libur akhir pekan/harus booking dulu karena banyak rombongan anak sekolah.Banyak macamnya dari Gazebo terbuat dari bambu,Sawung,juga Aula.Kita bisa pesan sesuai kebutuhan ukuran kecil sampai besar sewanya sekitar 100 - 500 rb untuk sehari.Kalau mau irit dan tidak hujan cukup sewa tikar plastik bisa duduk-duduk di taman.Biarpun di alam terbuka tidak begitu panas karena banyak pohon rindang di sekitarnya.

7.Tempat Jajan

Biarpun lahan Taman Herbal Insani tidak begitu luas,tempat jajan cukup banyak.Selain makanan khas indonesia ada juga makanan modern.Harganya relatif terjangkau untuk ukuran tempat wisata.Menariknya lokasinya menyebar di setiap zona jadi tidak perlu jalan jauh untuk membelinya.




Kolam renang anak



Belajar memanah


Rumah kelinci 




Fasilitas di Taman Herbal Insani Depok :

Sebuah Tempat wisata selain wahana menarik tentunya harus di dukung fasilitas  komplit.Untung di Taman Herbal Insani cukup memadai seperti 

  1.Masjid dan Mushola 

Biarpun kita sedang wisata,urusan ibadah tidak boleh di tinggalkan.Di Taman Herbal selain ada Masjid ukuran lumayan besar juga ada tempat sholat lainnya jadi tidak perlu kuatir.Tempatnya juga menyebar mau di mana pilihan kita.

  2.Toilet.

 Lokasi  toilet di Taman Herbal tidak satu tempat tapi menyebar di beberapa sudut.Pengunjung tidak perlu repot jalan jauh,waktu saya mengunjungi kondisinya lumayan bersih.Karena banyak tidak terlihat antrian.

  3.Tempat Bilas

Bagi anak-anak bermain  di kolam renang merupakan hiburan yang menyenangkan.Tapi selesai mandi tentu harus bilas dengan bersih supaya tidak terkena penyakit.Untungnya di Taman Herbal tempatnya lumayan banyak jadi tidak perlu antri terlalu lama.

  4.Tempat duduk 

Lelah putar-putar Taman Herbal bisa istirahat  duduk santai di beberapa tempat.Di kolam renang ada bangku panjang terbuat bambu sekaliyan mengawasi anak mandi.Di Jembatan ada rumah-rumahan di kanan kirinya ada bangku bisa duduk santai.Atau mau lesehan bisa sewa tikar plastik sewanya cukup murah,tinggal gelar di rerumputan.

  5.Tempat Informasi

Suatu saat  mungkin merencanakan datang kembali bersama rombongan.Kita bisa minta informasi di depan dekat pintu keluar.Nanti akan di beri brosur dan penjelasan dari petugasnya.Ternyata di Taman Herbal ada paket wisata komplit juga bisa menginap.

Mungkin masalah yang kurang memadai lahan parkirnya  kurang luas.Kalau musim liburan panjang kesulitan mencarinya,terpaksa harus di halaman rumah warga setempat.Karena letak Taman Herbal memang di lingkungan rumah penduduk.Tapi tentunya rejeki warga setempat karena bisa mendapat uang tambahan dari sewa parkir.

Untuk alamat pastinya Taman Herbal Insani ada di Kp.Kandang no 26 Kel/Desa Duren Seribu Kec Bojongsari Depok-Jawa barat.


Duduk santai di tikar



Foto di depan gazebo



Tempat pembibitan