Selumnya saya ucapkan Salam Ngapak bagi warga Kebumen.Baik yang tinggal di rantau maupun masih setia di kota dengan simbol Burung Walet.Semoga kota tercinta ini makin maju,maju dalam segala bidang baik secara sosial,ekonomi,fisik, dan mental masyarakatnya sesuai dengan semboyan kebumen BERIMAN singkatan :Bersih,Indah,Manfaat ,Aman dan Nyaman.
Dulu saat masih tingal di Kebumen(Karanganyar)paling sering mendengar cerita orang tua dan sangat membekas saat menceritakan tentang :
1.Jebolnya waduk Sempor pada tahun 1965 bagi masyarakat dimaknai sebagai pertanda akan adanya bencana besar.
2.Kehebatan Rampok dari wilayah Ambal khususnya spesial mencuri hewan ternak.
Dan saya yakin generasi sekarang tak akan pernah mendengar cerita itu lagi.Sempor berubah menjadi tempat wisata air dengan pemandangan berbukitan yang indah.Begitu juga daerah Ambal tak terdengar lagi cerita tentang Rampok hewan ternak.Sekarang orang lebih mengenalnya kulinernya "SATE AMBAL" sate ayam dengan bumbu spesialnya bukan bumbu kacang melainkan tempe.
Dan baru seminggu ini ada cerita kecil tentang Kebumen.Hanya sederhana tapi menbuat saya bangga dengan masyarakatnya.
Ceritanya saat pulang ke Jakarta dengan menumpang Bis Sumber Alam dari pool Kuthoarjo.Saat melewati kota Kebumen
gapura kota Kebumen BERIMAN.
Kebetulan Bis berhenti di sebuah Pom Bengsin sebelum Rumah Sakit .Cukup lama berhenti karena sepertinya supir minta mengisi full teng.Dan selama hampir 20 menitan menunggu pengisian bahan bakar ada hal kecil mengusik saya.
Petugas Pom yang melayani ada 3 dua perempuan dan satu laki.Selain mengatur kendaraan untuk antri dan berhenti di tempat semestinya ada 4 hal yang selalu di ulang tiap ada mobil mengisi bahan bakar:
1.Selalu menyapa supir sambil mengucapkan salam,mungkin kata sesuai dengan waktunya:pagi,siang,malam.
2.Selalu menunjuk papan monitor kepada supir jumlah bahan bakar yang di minta.
3.Setelah selai petugas akan menunjuk kembali papan monitor pengisian sudah benar.
4.Selalu menunjuk kepada supir disitu ada 3 tempat yang mungkin di perlukan.
Karena penasaran saya lihat tempat apa yang di maksud.Ternyata paling ujung Toilet,tengah ada Mushola dan terakhir box ATM siapa tahu ada penumpang memerlukannya.
Dan kejadian itu berulang-ulang kepada setiap mobil jenis apapun dengan perlakuan sama .Dan sepertinya pom bersangkutan sudah memberlakukan aturan baku kepada semua karyawannya.Dan ada lagi nilai tambah lainnya,tiap kendaraan besar yang mengisi bahan bakar penuh mendapat bonus satu botol air mineral.Dan seperti bis saya tumpangi mendapat 2 botol buat supir dan pembantunya.
Hanya sebuah perbuatan kecil,sederhana,sepertinya penuh keiklasan saya lihat petugas selalu senyum ramah.Apakah pelayanan masyarakat ini merupakan standar umum di kota Kebumen...?Saya kurang tahu.Kalau ya ...syukurlah karena Kebumen Beriman memang sudah pas sebagai mottonya.
Kalaupun belum semoga layanan publik di bidang lain akan mengikuti.Perbuatan karyawan Pom Bensin itu perlu di contoh dan ditiru.Hal kecil dan sederhana efeknya membawa Manfaat dan rasa nyaman.
depok,maret 2017.