Jumat, 30 Juni 2017

Perlengkapan Catur Apa Sih Harus Punya...?





Bagi pecatur profesional maupun sering ikut berbagai turnamen pasti mempunyai perlengkapan catur komplit.Standar minimal yang harus ada :Buah Catur,Papan dan jam catur digital.Perlengkapan itu mutlak dalam mengikuti sebuah turnamen,karena saat bertanding pegang buah putih harus menyediakannya.

Misalkan turnamen berlangsung dalam 7 babak,setidaknya 3-4 kali pecatur bermain dengan buah putih.Bisa saja kita sewa jam atau bergantian dengan teman ,tapi bikin ribet dan mengganggu konsentrasi.Apalagi pas ikut turnamen sendiri tidak ada teman lebih repot lagi.Jadi bagi penggemar catur yang sering mengikuti pertandingan sudah tahu apa yang harus di miliki.

Perlengkapan komplit catur dan penunjangnya memang lumayan mahal lebih sejutaan.Tidak harus bagus,paling penting memenuhi syarat sebuah turnamen.Apa saja  perlengkapan Catur :

1.BUAH CATUR

Buah catur sekarang banyak ragam dan modelnya.Bahannya ada dari plastik juga kayu,harga tergantung bahan pembuatannya.Di dipasaran  bahan kayu umumnya(Sawo,Meranti,Sonokeling) semakin bagus,mestinya makin mahal.Untuk buah catur setidaknya harus mengeluarkan 50-200 rb lengkap.

2.PAPAN CATUR

Papan catur sekarang tidak seperti jaman dulu  sekaligus tempat menyimpam buahnya.Terpisah dengan buahnya  lebih bervariasi mulai warna dan juga dapat  dilipat.Biasanya lipatan 4 - 8-sehingga praktis di masukan tas.Harganya berkisar 50-100 rb tergantung bahannya.

3.KANTONG BUAH CATUR

Buah catur sekarang terpisah tidak satu papan menjadi satu.Untuk menyimpannya menggunakan kantong yang ada ikatanya.Bahannya dari kain diseratai logo Percasi .Harganya murah sekitar10-20 rb.

4.JAM CATUR

Dalam turnamen  catur  sekarang pemain menggunakan jam catur.Jam bisa di atur sesuasi kebutuhan misal 5-15-25-90  menit atau lebih. Turnamen yang berlangsung dalam satu hari biasanya menggunakan waktu 15 menitan.Jam catur yang beredar di pasaran berbagai macam  model,dari  manual sampai di gital.
Dewasa ini  umumnya yang di gunakan jam catur digital karena kedua pecatur dapat melihat dengan jelas waktunya.Harga jam catur berkisar 500 rb- diatas 1 juta.

5.TAS CATUR

Untuk menyimpan semua perlengkapan catur,biasanya di perlukas tas.Bentuknya di sesuaikan jadi semua bisa masuk dalam satu tas(buah,papan,jam catur),praktis untuk di bawa saat mengikuti turnamen.Harga tas bervariasi dari 50-100 rb tergantung bahannya.

           perlengkapan catur komplit.

Selain perlengkapan catur standar di atas,seorang pecatur profesional atau yang sering mengikuti turnamen akan menambah lagi dengan penunjang lainnya seperti :

  1.Buku catur

  2.Buku teori pembukaan.

  3.Majalah catur

  4.CD tutorial 

  5.Game catur

Selain untuk memperdalam teori catur juga menambah pengetahuan.Makanya penulis sering heran banyak penggemar catur,juga sering mengikuti turnamen perlengkapan catur yang di miliki kurang memadai.Harus pinjam sana-sini,bahkan menyewa di tempat turnamen.Padahal kalau di pikir peralatan catur asal di pakai sewajarnya bisa bertahan bertahun-tahun.

PAk KABUL 

pak Kabul dengan perlengkapan catur


Bagi penggemar Catur kota Depok sekitarnya  Bapak pensiunan pegawai kesehatan ini pasti sudah di kenal.Di turnamen yang ada di Jabodetabek sering hadir sosoknya.Bukan sebagai peserta turnamen,melain menggelar perlengkapan catur.Dari mulai buah ,papan,tas,jam,buku,cd,gantungan kunci, dan perlengkapan catur lainya.

Nah bagi yang ingin melengkapi,atau mencari produk baru bisa ketemu langsung di turnamen catur yang di adakan di jabodetabek.Kalau tidak ada halangan pasti akan datang dengan perlengkapan caturnya.Tinggal pilih yang di butuhkan,kalaupun belum ada bisa pesan dulu nantinya di usahakan untuk mendapatkannya.