Senin, 04 Desember 2017

PSIS Semarang Jaga Gengsi Sepak Bola Jateng

Pada kompetisi liga 1 2018 akhirnya ada satu wakil klub dari propinsi Jawa tengah.PSIS Semarang klub dari ibu kota berhasil mencuri 1 tiket sisa setelah mengandaskan Martapura FC dengan skor 6-4 dalam pertandingan panjang penuh dramatis selama 120 menit.

Melihat perebutan tingkat ke 3 harus diakui perjuangan pemain PSIS harus di acungi jempol.Bagaimana tidak ketinggalan terus alhirnya bisa samakan skor 4-4 pada waktu pertandingan babak kedua usai.Untuk menentukan pemenangnya maka harus diperpanjang 2 X 15 menit.Dan di sinilah keberuntungan PSIS Semarang bisa mencuri 2 goal.tambahan dan mengunci kemenangan .

Dengan demikian sebagai warga bagian Jawa Tengah(Kebumen),setidaknya tahun depan ada klub yang di jagoi dalam kompetisi liga 1.Rasanya memang aneh di Jawa Tengah cukup banyak klub sepak bolanya yang pernah melakoni liga utama PSSI tapi hampir 5 tahun belakangan tanpa satu wakilpun.

Seperti Persijap,Persisis,Psir satu persatu turun kasta.Bahkan lebih menyedihkan untuk tahun depan Persijap,Psir harus mulai dari kasta bawah lagi(liga 3),dan tentunya akan semakin panjang perjuangan mereka untuk kembal ke liga 1.

Tapi sepertinya kekuatan sepak bola sekarang hampir merata.Mungkin hanya Jawa Timur harus di akui masih di anggap kiblat sepak bola Nasional.Tahun 2018 klub-klub seperti Arema,Persela,Madura United dan pendatang baru Persebaya dengan Boneknya bakal meramaikan persaingan di liga 1.*

   foto(google)PSIS Promosi liga 1 2018

Dan untuk tahun depan Jawa Tengah tinggal menyisakan 2 klub yang berlaga di liga 2.Persibat Batang dan Persis Solo yang kemaren hanya bisa masuk 16 besar dan 8 besar saja.Sementara lainnya harus rela mulai dari bawahnya.Sayang sekali PSCS Cilacap kekuatan baru klub sepak bola jawa tengah bagian barat(ngapak),bersama Persibas,Persibangga tidak bisa mempertahan permornya seperti tahun 2016.

Sebagai juara ISC B tahun 2016 PSCS masih bisa masuk uratan atas klasmen grup 3 putaran pertama.Sayang tidak bisa bertahan sampai berakhirnya penyisihan grup.Dan gagal masuk 16 besar liga 2 kalah bersaing dengan Persibat Batang mempunyai nilai sama tapi kalah defisit goal.

Dengan masuknya PSIS Semarang di liga 1 semoga memacu klubnya lainya.Setidaknya Jawa Tengah tidak kalah dengan kemajuan sepak bolanya daerah lain.Mungkin tahun depan giliran Persis atau bahkan Bersibat.Begitu juga klub klub jawa tengah di liga 3 bisa promosi lagi ke liga 2.Sehingga meramaikan gairah sepak bola di jawa tengah.

PSIS Semarang tentunya untuk bisa bersaing di liga 1 harus mempersiapkan dengan matang.Jangan sampai terulang sejarah puluhan tahun lalu.Habis menjadi juara justru tahun berikutnya langsung tergredasi karena banyak di tinggal pemain bintangnya.

Menurut berita manejemen sepertinya bakal mempertahan sebagian pemain begitu juga Subangkit tetap melatih PSIS tahun depan.Tugas sekarang harus cepat mencari pemain kwalitas untuk menambah stok pemain.Jangan sampai ketinggalan bersaing klub lainnya.

Khusus berburu pemain asing harus hati-hati.Jangan hanya pernah bermain di klub besar langsung di rekutnya.Penting sesuai kebutuhan klub tak soal pemain Asia karena banyak yang berkualitas dan lebih mengenal sepak bola Indobesia.Sayang kalau salah sasaran milyaran rupiah terbuang tanpa hasil maksimal.

Hidup sepak bola Jawa Tengah dan semoga PSIS mengulang jaman keemasan lagi era Maradona Purwodadi "Tugiyo" yang membawa PSIS juara liga Indonesia tahun 1999-2000.