Jumat, 01 Desember 2017

Pasar Sore Malioboro

Bagi wisatawan yang datang ke kota Jogya pasti tak akan melewatkan  salah satu Jalan  di jantung kota yaitu Malioboro.Apalagi telah banyak perubahan dan sangat nyaman bagi yang senang jalan kaki sambil menikmati suasana kota jogja. Sekarang kita tak akan lihat lagi parkiran motor yang dulu sangat menggangu dan terkesan semrawut.

Ada ungkapan datang ke Jogja tanpa singgah ke  Malioboro rasanya masih kurang.Pada kenyataannya memang begitu karena pada saat musim liburan kawasan jalan Malioboro sangat ramai di kunjungi wisatawan terutama sore sampai malam hari.Sambil jalan-jalan bisa melihat aneka barang kerajinan di gelar di emperan toko.Kita bisa pilih mau beli klas kaki 5 atau yang wah di mall, toko-toko  yang berjajar sepanjang jalan.

Tapi kita tahu saat liburan datang kawasan Malioboro sangat ramai dan padat.Kita yang mau belanja menjadi terganggu karena sangat sulit untuk berjalan.Akibatnya  kurang  nyaman  ,tidak bisa menawar barang dengan santai karena mengganggu pejalan kaki lainnya.


                  pasar sore Malioboro 

    aneka baju,kaos di pasar sore

Pasar Sore

Tapi sebenarnya ada tempat lain buat belanja barang khas jogja.Lokasinya masih di kawasan Malioboro yang mendapat sebutan Pasar Sore.Sesuai namanya hanya buka pas sore hari sampai malam saja.Bukan tanpa alasan sore hari bukanya,sebelumnya tempat ini menjadi area parkir kendaraan motor dan mobil.

Jangan berpikir layaknya pasar umum yang menyediakan barang sehari-hari.Di sini hanya di sediakan barang sandang dan suvenir khas jogja saja.Seperti baju batik,kaos,celana,sandal,tas,topi, dompet,sabuk,gantungan kunci dan pernik lainnya.Tak ketinggalan makanan khas jogja buat oleh-oleh.


            aneka asesoris di pasar sore

          aneka tas dan topi di pasar sore

           jajanan khas jogja di pasar sore

Bagi wisatawan yang mengunjungi Malioboro mulai dari selatan( nol jogja),lokasi Pasar Sore sekitar 300 meteran,disisi timur antara Benteng Vredeburg dan Pasar Beringharjo.Tapi ingat di tempat ini mulai buka sekitar jam 5 sore,itupun sebagian besar lagi beres-beres.Mereka jualan di bawah tenda besar dan lantai paving block jadi tidak becek saat hujan.Kalau hari biasa buka sampai sekitar jam 10 malam,saat liburan dan ramai lebih malam lagi.

Di pasar Sore tidak seperti tempatnya lainnya yang penuh sesak.Kita lebih leluasa mencari barang  dan bisa menawar harga dengan santai.Dan menurut bebera orang yang pernah belanja, di pasar sore harganya lebih miring.

Nah bagi wisatawan yang datang ke  Jogja dan mengunjungi Malioboro silahkan pilih mau belanja di mana...? Di jalur Malioboro di sisi barat-timur,di dalam pasar Beringharjo,atau Pasar Sore tergantung selera masing-masing karena barang yang di jual umumnya sama saja.