Jumat, 06 Oktober 2017

Mancing Betik Kangkungan


Di tempat saya(Kebumen) ikan Betik  mempunyai 3 nama menurut ukurannya.Waktu kecil sering di sebut Menter,agak besar berubah menjadi Betik dan Setelah besar  menyebutnya Betok.Ikan ini banyak di jumpai di rawa, Blumbang,sungai kecil,parit,sawah maupun kangkungan sebagai ikan liar.Bentuknya mirip mujair tapi sirip dan dagingnya lebih keras dan tahan hidup di lumpur.

Ikan yang mempunyai nama ilmiah Anabas Testudineus ini merupakan jenis Omnivora pemakan segala.Cara nangkapnya selain pakai alat perangkap mudah sekali di pancing.Umpan untuk ikan betik banyak ragamnya tergantung tempat mancingnya.Kalau di rawa, blumbang,sungai,parit seringnya pakai umpan cacing,sebaliknya di persawahan dan kangkungan umpan mengapung seperti laron,cere,kinjeng(capung),jangkrik.

Saya jadi teringat semasa masih tinggal di kampung sering mancing ikan betik di kangkungan.Dulu  selain banyak gabusnya juga habitat ikan betik. Cara mancingnya berbeda kalau gabus dengan ndudul pakai joran bambu.Umpanya precil(kodok kecil),dengan melempar ketengah kangkungan.Sebaliknya mancing Betik menggunakan joran panjang 4-5 meter.

Joran(walesan) dibuat dari bambu panjangnya sekitar 1.5-2 meteran.Ujungnya lebih kecil dan lentur,bahannya bambu tali yang sudah tua dan kering.Karena mancing di kanggungan agak tengah jorannya harus di sambung lagi.Biasanya dengan bambu gunung yang ukurannya kecil atau pelepah pohon aren. Supaya ringan sambungan bambu /pelepah nunggu sampai kering dulu.Senarnya cukup 1.5 meteran dengan kail ukuran sedang saja.

Betik ikan liar yang mudah dipancing.

Mancing di kangkungan berbeda tehniknya di sungai atau rawa.Kita harus panda memilih mencari  ruang bebas dari tanaman kangkung untuk menaruh umpan.Waktu itu umpan paling favorit selain kinjeng(capung),cere juga laron.

Ikan Betik kangkungan yang kepancing rata-rata ukuran 2-3 jari saja.Jenis ikan ini sangat rakus jadi jarang sekali pulang ke rumah tanpa membawa bawaan.Tapi kita harus tahu ikan Betik mencari makannya pada pagi atau sore hari.Jam itulah paling cocok mancing Betik kangkungan karena sedang galaknya.Kita juga harus sering berpindah mengitari  area kangkungan.Kalau dipikir waktu itu mancing seharian kalau di hitung bisa lebih 1 km jauhnya.

Selain waktu pagi-sore matahari belum terik benar.Kita maklum kangkungan maupun persawahan lokasinya terbuka tanpa pohon pelindung.Sayang sekali tempat-tempat itu sekarang sebagian telah hampir tidak ada jadi rumah-rumah penduduk.Saat ingin kembali masa lalu mancing Betik kangkungan tidak terwujud.

Ternyata ikan liar ini(jarang dibudidayakan),mempunyai banyak manfaatnya.Selain kandungan vitamin dan protein bagus buat manusia,seperti ikan gabus banyak mengandung albinum Albinum yang mepercepat penyembuhan pasca operasi maupun luka kecil.

Selain ikan bisa bertahan hidup hampir sembarang tempat juga cepat berkembang.Maka tak heran ikan Betik sangat mudah ditemui tapi memang jarang sekali di jual belikan.Oleh masyarakat biasanya hanya di ambil buat konsumsi keluarga sebagai lauk pauk.