Minggu, 14 April 2019

Tanam Sayuran Dan Toga Kampung Jadi Asri










Sayuran sawi ijo



Lingkungan  bersih,asri,tentunya  dambaan warga  tinggal di sekitarnya.Sayangnya di masyarakat kita belum banyak lingkungan seperti itu.Kalaupun ada biasanya di perumahan bukan kesadaran sendiri tapi fasilitas dairi pengembang perumahan.


Padahal warga  bisa menciptakan sendiri asalkan ada tekad dan kemauan.Modalnya juga tidak terlalu besar kalau ditanggung bersama.Untuk membuat  asri selain menanam bunga,bisa di ganti sayuran atau toga.Selain  menghijaukan linkungan saat panen  dapat dipakai sendiri atau di jual buat pemasukan kas kampung.






Sayuran buat penghias rumah




Seperti yang di lakukan warga Jomblang,Karangbendo,Banguntapan,Bantul.Sekarang  lagi giat menanam sayuran dan toga yang sering di pakai sehari-hari.Tanaman seperti jahe,laos,kencur,kunir,selain bisa di gunakan obat juga bumbu dapur.Sementara untuk tanaman sayuran seperti tomat,sawi,cabe,terong,kucai,sledri  di pusatkan di rumah pak rt.Pertimbangannya supaya mudah perawatannya kalau panen bisa bareng.


Karena rencanya tiap rumah akan mendapat bibit tanaman ,cara menamnya tidak di tanah melainkan dalam polybag.Untuk pembibitan di pusatkan di satu tempat(pak rt)karena masih punya halaman luas.Setelah cukup besar baru di bagikan tiap rumah mendapat 5-6 tanaman.


Untuk media tanam kita membikin sendiri,kebetulan salah satu warga punya pengalaman.Untuk menanam sekitar 500 polyba jauh  lebih murah dibanding  beli media sudah jadi.Untuk jumlah tersebut bahkan harus membeli sampai 1 truk penuh.


Kalau tak salah ada sekitar 7 campuran yang dioplos seperti:   


1.Tanah gambus.
2.Pasir alus
3.Sekam bakar.
4. Daun bambu
5.Daun serai
6.Kotoran kambing
7.Obat pengurai.

Semua bahan di campur menjadi satu sesui  perbandingan ,setelah itu di tutup rapat sekitar 2 minggu sampai siap di gunakan untuk media tanam.Untuk bibitnya juga menyemai sendiri beli di toko pertanian.Lebih murah juga bisa pilih jenis sayuran,toga yang kita inginkan.

Semua pekerjaan di lakukan warga  sendiri dengan kerja bakti tiap hari Minggu.Semua ikut terlibat baik Bapak-Ibu-maupun para pemudanya.Dan hasilnya boleh di lihat sekarang,bukan saja asri dengan tanaman bunga juga,toga dan sayuran.

Sayuran terong