Rabu, 21 Juni 2017

Kebun Binatang Ragunan-Kota Tua Jakarta-Setu Babakan Wisata Murah Di Jakarta





Sebentar lagi Lebaran tiba.Bagi masyarakat yang tidak mudik mungkin sudah merencanakan tempat wisata yang nantinya akan di kunjungi bareng keluarga,teman,maupun Sahabat spesial.Warga Jabodetabek mungkin banyak pilihan baik wisata berbayar, wisata murah meriah,bahkan gratis sama sekali kecuali biaya parkir kendaraan.

Beberapa pilihan  seperti ,Kebun Binatang Ragunanan, Kota Tua Jakarta,Setu Babakan Srengseng sawah.Selain murah juga transpotasinya relatif gampang.Wisatawan bisa naik transpotasi umum seperti Busway, kereta api Commeter line nantinya di sambung naik angkot maupun transpotasi online.Dari ketiga tempat wisata murah(gratis),mempunyai perbedaan.


1.Kebunan Binatang Ragunan.

Kebun Binatang Ragunan  beralamat di jalan Harsono no 1 Ragunan,Pasar Minggu.Merupakan Kebun binatang pertama yang ada di Indonesia.Dengan luas mencapai 140 HA,jumlah hewan yang ada sekitar 295 spesies dan 4040 spismen.Tempat pemeliharaan berbagai macam binatang ini di resmikan oleh gubernur  Ali sadikin pada tahun 1966 sebagai pengganti kebun binatang Cikini.

Di Kebun Binatang Ragunan selain binatang asli Indonesia juga banyak hewan yang ada di seluruh Dunia.Kalau ingin mengenalkan anak tentang dunia binatang dan kehidupannya tempat ini cocok.Anak bisa berinteraksi dengan berbagai binatang yang selama ini hanya di lihat di TV maupun gambar pasti pengalaman menyenangkan.

Bukan itu saja pengunjung bisa naik beberapa hewan jinak di pandu pawangnya.Seperti naik gajah,kuda maupun unta.Tapi untuk itu ada biaya tambahan sekitar 5 ribu-7.5 ribu.Bagi anak yang takut naik hewan di atas,tak perlu kuatir bisa keliling Ragunanan naik kereta mini atau sepeda tandem.

Fasilitas yang ada di Kebun binatang bukan hanya itu saja,ada area mainan,musium hewan,sirkus binatang,Children Zoo dengan hewan jinak seperti berbagai macam burung dan ikan tawar jenis raksasa(Arapaima gigas) dari Amazone yang panjangnya bisa mencapai 2 -3 meter.

Tiket untuk masuk Kebunan Binatang Ragunan sangatlah murah,4000 rb untuk dewasa sedangkan anak-anak 3000 rb.Tapi mungkin untuk lebaran ada kenaikan karena biasanya ada tambahan hiburan Panggung Musik Dangdut.Selain melihat kehidupan satwa kita bisa duduk santai di tepi danau dibawah pohon rindang.Tak perlu kuatir kita lupa membawa alas duduk,banyak yang menyewakan tikar.

Kebun Binatang Ragunan dan gedung primata

Burung pelikan dan ikan raksasa.


2. Kota Tua Jakarta.

Kota Tua yang terletak di sekitar Jakarta kota disebut juga Batavia lama.Di jadikan cagar budaya semasa Gubernur Ali Sadikin pada tahun 1972.Tujuannya untuk melestarikan bangunan arsiktur yang masih tersisa sebagai warisan sejarah kota Jakarta.Sayang  sepertinya  kurang mendapat dukungan dan perhatian banyak bangunan semakin terbengkelai.

Barulah pada tahun 2015 proyek Revalitasi kawasan kota tua mulai di kerjakan utamanya di sekitar kawasan taman Fatahillah.Dan sekarang kondisinya lumayan rapi dan menjadi tempat wisata murah warga jakarta sekitarnya.Kedepannya bekas gedung peninggalan Belanda di kawasan lainnya akan di revalitasi juga.

Di kawasan kota tua selain di gunakan warga Jakarta buat ngumpul,kita bisa melihat peninggalan belanda sekarang berubah fungsi menjadi musium seperti.

 1.Musium Sejarah Jakarta (Fatahillah)

Dulunya merupakan kantor balai kota Belanda.Banyak peninggalan sejarah utamanya kota jakarta lama.Kita bisa melihat sejarah perjalan kota Jakarta,Tarumanegara dan Pajajaran.Banyak peninggalan orkeologi seperti keramik,gerabah,porselin dari Cina dan Eropa.Di ruangan paling dasar terdapat penjara bawah tanah.Selain melihat sejarah kota jakarta masa lampau,juga sering di pertujukan kesenian daerah utamanya budaya Betawi.

 2.Musium Wayang.

Sebelum menjadi musium merupan bangunan Gereja.Sekarang kita bisa melihat berbagai macam wayang-boneka dari berbagai daerah Indonesia.Mulai wayang kulit jawa,Bali,Sunda,juga wayang modifikasi sesuai tujuannya.Seperti wayang sadat untuk siar agama Islam,Wayang Wahyu,juga wayang Revolusi yang menceritakan pahlawan Indonesia.Di samping wayang lokal juga ada dari negara tetangga lainnya.Wayang Patohi(Cina),wayang Jepang,India,Malysia dan negara Eropa.


 3.Musium Seni Rupa Dan Keramik.

Musium Seni Rupa dan Keramik menempati  bekas gedung kehakiman pada masa pemerintah Belanda.Karya yang di pajang dari berbagai daerah Nusantara.Juga banyak berasal negara luar seperti China,Jepang,Thailand,India.Barang yang jadi koleksi  mulai jamam Majapahit(abad ke XIV),sampai modern.Sementara karya seni rupa yang di pajang mulai dari tahun 1800 sampai seni lukis kotemporer tahun 1960 an.

  Kota Tua saat liburan dan sepeda wisata.

ondel-ondel dan pedagang makanan ramaikan kota tua.

Selain mengunjungi musium yang ada di Kota Tua,wisatawan biasanya akan melakukan :

  1.Berkeling Taman Fatahillah dengan sepeda wisata.Dengan sewa 25 ribu untuk waktu 30 menit kita bisa putar-putar dengan sepeda yang di cat warna-warni.

  2.Berfoto dengan larar belakang gedung tua peninggalan Belanda.

  3.Foto bareng cosplayer dengan berbagai model.Dari dandanan pocong,tokoh film,pahlawan,pesulap,pakain daerah.Dengan uang 2-5 ribu kita bisa mendapatkan foto unik.

  4.Duduk santai di sekitaran Taman Fatahilah atau jajan makanan khas Betawi.Di kota tua makanan paling populer pecel plus gorengan.


 3.Setu Babakan Srengseng Sawah.


Setu Babakan merupakan danau buatan yang di manfaatkan sebagai resapan air.Dengan luas sekitar 30 Hektar kedalaman 1-5 meter mempunyai multi fungsi.Selain sebagai penampung air di sekitar Jakarta Selatan merupakan wisata alternatif yang murah meriah.

Kawasan sekitar Setu Babakan juga di jadikan Pusat Perkampungan Budaya Betawi.Selain masyarakat Betawi merupakan mayoritas yang tinggal,dalam keseharian masih sangat kental budaya betawinya seperti dalam percakapan.Di Setu Bakan yang banyak di tumbuhi pohon,kita masih sering melihat pohon khas Betawi seperti :

  1.Pohon Mangga

  2.Pohon Kecapi

  3.Pohon Jamblang

  4.Pohon Nam-Naman

  5.Pohon Cempedak

  6.Pohon Jengkol/Pete.

Di Setu Babakan juga banyak di jumpai pedagang makan Betawi :

  1.Nasi Uduk

  2.Toge Goreng

  3.Soto Betawi

  4.Bir Pletok

  5.Kerak Telor

  6.Es Kembang Mayang.

Bentuk rumah khas Betawi masih gampang kita jumpai seperti Rumah Gudong,Rumah Kebaya,juga rumah Joglo.Kita bisa sewa untuk.acara arisan begitu juga makanannya.

Di panggung utama di Setu Babakan sering di gelar pertunjukan pas liburan maupun hari besar.Kita bisa nonton gratis acara tersebut yang di mainkan sanggar-sanggar Betawi yang ada di Jakarta.Bentuk kesenian yang sering pentaskan seperti :

  1.Lenong

  2.Tari Topeng

  3.Tanjidor

  4.Marawis

  5.Gambang kromong.

Selain menikmati semua yang berhubungan dengan Budaya Betawi,jangan kuatir makanan dan hiburan umumnya juga ada.Mau makan Bakso,Mie,Somay sambil duduk lesehan di  pinggiran Setu di temani angin semilir.Kita juga bisa naik sepeda air,perahu naga,naik kuda,naik delman maupun odong-odong.

Setu Babakan dan perahu naga.

Jajanan khas Betawi di Setu Babakan.

Sepeda air dan tempat duduk di pinggir Setu Babakan.

Ketiga tempat wisata diatas  mungkin bisa menjadi pilihan wisata keluarga lebaran nanti.Selain tiket masuknya murah bahkan tanpa bayar(Setu Babakan dan Kota Tua),kecuali ongkos karcis kendaraan.Transpotasinya relatif mudah di jangkau dengan kendaraan umum seperti Commuterline,Busway,maupun angkutan reguler lainnya.