Selasa, 16 Juli 2019

Jajanan Populer Kaki Lima Pedestrian Malioboro

Wisata Malioboro identik belanja barang cindra mata juga kuliner Lesehannya.Tapi sayang sering ada pemberitaan miring Pedagang nembak harga kelewatan terutama saat liburan seperti Lebaran,Tahun baru dan  libur anak sekolah.Padahal sudah ada aturan harus mencatumkan harga supaya wisatawan bisa tahu makanan/minuman sebelum di pesan.

Tapi jangan kuatir masih banyak jajanan murah  kalau sekedar pingin menikmati kuliner sambil santai di Malioboro.Kalaupun wisatawan dibedakan  tidak akan menguras dompet.Sayangnya pedagang mulai buka sore hari saja,nah jajanan khas kaki 5 malioboro apa saja yang bisa kita nikmati.

1.Sate Ayam Madura.

Disepanjang pedestrian Malioboro banyak pedagang sate yang di jual ibu-ibu.Mereka umumnya orang madura terkenal ulet mencari rejeki.Dengan menjual lesehan di lokasi strategis seperti depan mall,kepatihan,dekat angklung carehal,halte trans jogja,pasar sore.Kita bisa minta satenya aja atau bersama lontong.Kalau sekedar buat isi perut cukuplah.Kita bisa makan di bangku taman sambil menikmati suasana jalan Malioboro.Harga sate10 tusuk plus lontong sekitar 15 rb-20 rb saja.

2. Nasi Pecel .

Di depan pasar beringharjo banyak pedagang kuliner.Komplit ada gudeg,mie,bihun,pecel,lauk plus berbagai macam gorengan.Untuk pecel komplit hargaya sekitar 10-15.Tapi kalau ingin mencicipi makanan lainnya tinggal pilih.Di sini semua makanan sudah di catumkam harganya jangan takut kemahalan  pesan sesuai kantong saja.

3.Angkringan.

Kalau penasaran ingin mencicipi Warung Angkringan Malioboro ada  buka siang dan malam hari.Lokasinya mulai ujung utara sampai pasar sore.Tapi paling laris yang jualan di depan pasar Beringharjo,Pasar Sore dan dekat gapura kampung ketandan.Admin sendiri seringnya di dekat gapura kampung ketandan.Tempatnya strategis dan sekitarnya ada bangku taman.Kita bisa pesan minuman,nasi kucing atau gorengan sambil duduk.Soal harga relatif terjangkau minuman dan makanan hanya 1-5 rb saja.

4.Lumpia Ayam.

Ada jajan khas semarang "Lumpia",di jual depan hotel mutiara Malioboro.Cukup terkenal dan selalu ramai pembelinya.Pas hari libur pembeli bahkan  harus rela antri  pakai nomor urutan.Ada  jenis yang di jual Lumpia rasa Ayam dan Spesial harga satunya 4.500 dan 5 000.Sambil menunggu pesanan selesai  bisa melihat cara menggulung lumpia di isi sayuran.

5.Jajan Pasar.

Kalau bosen makanan modern di depan pasar Beringharjo ada penjual jajanan tradional.Seperti Kue putu,Cenil,klepon,gethuk lindri,onde-onde,harganya sekitar 1500 sampai 3000 saja.Cukup laris bahkan turis asing banyak yang beli karena penasaran.

6.Wedang Ronde.

Malam hari di Malioboro apalagi udara dingin paling pas minuman serba anget.Wedang ronde tentu cocok karena  di buat air jahe.Wedang ronde berisi onde(kaya klepon),kacang,irisan kolang -kaling.Setelah minum di jamin badan jadi tambah hangat.Harga 1 porsinya sekitar 7-8 rb saja.

7. Bakso tusuk/Telur Gulung

Jajanan ini cukup di minati wisatawan terutama anak-anak.Bakso tusuk di hargai 5000 per porsinya.Makannya di kasih saus dan kuah.SedangkanTelur gulung yang di buat dari adonan telur di campur tepung kanji kemudian digoreng sambil di gulung menggunakan tusukan.Makannya di campur saus.Kedua makanan itu kalau di Malioboro di tempatkan wadah gelas plastik ukuran sedang jadi mudah membawanya.

8.Jajanan Asongan.

Di pedestrisn Malioboro juga ada pedagang asongan.Seperti pedagang rokok,Aqua botol,Es jeruk (gelas  plastik),tahu sumedang,nasi.bungkus plus gorengan.Harga  rokok lebih mahal sedikit di banding di luar malioboro,Aqua dan es jeruk 5000, tahu sumedang per plastik isi 4 harganya 2000,nasi bungkus  plus sekitar 4 000 lauknya macam-macam.Nasi bungkusnya isinya lebih banyak di banding angkringan yang cuma 2000.

9.Jadah Bakar.

Penjualnya berasal dari jawa barat.Cara jualannya dengan di pikul ada alat bakarnya.Setelah matang di tambah srundeng rasa manis.Harganya sekitar 2500-3000 per potongnya.Biasanya penjualnya di sekitar pasar Beringharjo-Pasar sore.Malam hari makan jadah bakar anget nikmat banget di temani wedang ronde.Tapi pedagangnya tidak sebanyak di sebut di atas.

10.Sate Cumi ( Tambahan).

.Ada satu kuliner kaki 5 lagi ngetren di kalangan wisatawan "SATE CUMI",biarun lumayan mahal banyak penbelinya.Proses pembakarannya selain di oven pakai semprotan api. Aksi pembakaran dengan nyala  besar inilah yang jadi perhatian pejalan kaki.Lokasi Sate Cumi tidak jauh dari Angklung Carehal.

Sate cumi mulai buka sekitar jam malam.Satu tusuknya di hargai 25 rb (lumayan mahal),bila di banding jajanan di atas.Setelah matang di kasih saus sesuai selera.Tapi banyak wisatawan penasaran ingin mencobanya.Begitu juga wisatawan manca banyak yang beli.

Nah bagaimana...?Bagi yang ke Malioboro sementara uangnya pas-pasan pilihan di atas boleh di coba.Mungkin di kota lain banyak yang jual....tapi makan di bangku taman menikmati suasana kota Yogja di sore -malam hari tentu beda kesannya.



Wedang ronde



Pecel depan pasar Beringharjo



Sate ayam khas Malioboro